Customs Visit Customer : Kunjungan ke Kantor Maskapai Citilink

<

Bea Cukai Pontianak mengadakan kegiatan kunjungan ke  kantor maskapai Citilink berupa Customs Visit Customer (CVC) yang terletak dilantai 2 Bandara Supadio Pontianak, Senin (8/4). Tim dari Bea Cukai terdiri dari seksi PLI dan seksi Perbendaharaan dan diterima tim dari Citilink, Ubaidillah selaku Direct Manager dan Irfan Wahyudi selaku Station Quality Control (SQC). CVC dilakukan secara informal dalam suasana yang santai dan akrab.

Sejak diberlakukannya PMK 158/PMK.04/2017 Tentang Tata Laksana Penyerahan Pemberitahuan Rencana Kedatangan Sarana Pengangkut (RKSP), Manifest Kedatangan Sarana Pengangkut dan Manifest Keberangkatan Sarana Pengangkut, pada akhir tahun 2018, Bea Cukai Pontianak telah mengadakan sosialisasi dengan mengundang agen pelayaran/sarana pengangkut laut dan agen penerbangan/ sarana pengangkut udara di wilayah Pontianak. Untuk agen penerbangan Citilink, baru sekarang ini diadakan sosialisasi berupa kunjungan Customs Visits Customer (CVC).

Kewajiban menyampaikan pemberitahuan pabean tidak hanya atas pengangkut yang akan meninggalkan kantor pabean tujuan luar daerah pabean, tetapi juga atas pengangkut domestik yang mengangkut barang ekspor yang diangkut terus dan atau angkut lanjut. Pasal 11 UU Kepabeanan.

Untuk bisa akses dengan sistem kepabeanan, pengangkut tersebut harus melakukan registrasi kepabeanan terlebih dahulu.

Setelah tim CVC menyampaikan point-point dari PMK 158,  kunjungan diakhiri dengan tanya jawab seputar PMK 158.