CUSTOMS GOES TO CAMPUS POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA dengan tema Mengenal BEA CUKAI lebih dekat

Pada tanggal 17 November 2016 Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Samarinda mengadakan acara “CUSTOMS GOES TO CAMPUS” di Kampus Politeknik Negeri Samarinda. Acara yang dimulai dari pukul 10.00 ini dihadiri oleh 100 civitas akademika Politeknik Negeri Samarinda yang terdiri dari Direktur, Dekan, Dosen, Staf dan Mahasiswa.

Bertempat di Aula kampus Politeknik Negeri Samarinda, acara berlangsung semarak. Diawali dengan sambutan dari perwakilan dari Kantor KPPBC TMP B Samarinda, Plt. Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi, Tri Novianto, serta sambutan dari Direktur Politeknik Negeri Samarinda, Ir. H. Ibayasid M.Sc, sebagai perwakilan kampus Politeknik Negeri Samarinda. Customs Goes to Campus tahun ini mengambil tema “Mengenal Bea dan Cukai Lebih Dekat”. Sebagai gambaran awal untuk para peserta mengenai Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC), panitia menampilkan profil Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) yang menjelaskan lebih dalam mengenai keberadaan dan fungsi Bea dan Cukai.

Selanjutnya, dilanjutkan dengan pengenalan Profil KPPBC TMP B Samarinda oleh Plt. Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi, Tri Novianto, bagaimana posisi DJBC sebagai bagian dari Kementerian Keuangan serta organisasi KPPBC TMP B Samarinda yang merupakan unit vertikal dari DJBC. Pemberian materi mengenai profil Bea dan Cukai ini dimaksudkan untuk memberi pengetahuan kepada para peserta mengenai tugas pokok dan fungsi utama Bea dan Cukai sebagai instansi pemerintah yang berperan sebagai fasilitator perdagangan dan industri , menjaga perbatasan dan melindungi masyarakat dari penyelundupan dan perdagangan illegal serta mengoptimalkan penerimaan negara di sektor Kepabeanan dan Cukai.

Dilanjutkan materi kedua mengenai Kepabeanan yang menjelaskan mengenai pengertian kepabeanan, barang bawaan penumpang, barang dagangan, definisi cukai. Materi selanutnya mengenai bagaimana kerja Bea dan Cukai dalam melaksanakan pengawasan perbatasan baik di Pelabuhan Laut, Bandar Udara, maupun Patroli di Perairan Laut dengan armada kapal Bea dan Cukai.

Sesi berikutnya yaitu sesi diskusi tanya jawab dan pembagian doorprize bagi peserta yang mengajukan pertanyaan. Begitu antusiasnya para peserta sehingga banyak yang tidak mendapat kesempatan untuk bertanya. Setelah sesi diskusi tanya jawab dan pembagian doorprize selesai, acara ditutup oleh MC dan doa bersama.

Terima kasih Politeknik Negeri Samarinda, luar biasa!!

#BEA CUKA MAKIN BAIK