Capacity Building KPPBC TMP A Bekasi

Kamis, 01 Oktober 2015 KPPBC TMP A Bekasi kembali berkesempatan melaksanakan kegiatan Capacity Building dimana kali ini mengusung tema luar biasa yaitu “Kapabilitas DJBC Dalam Menghadapi Tantangan Masa Depan”, dengan  narasumber dalam acara ini adalah Bapak Permana Agung Dradjattun, Direktur Jenderal Bea dan Cukai periode tahun 1998-2002.

  

Acara dimulai tepat pada pukul 08.30 WIB, bertempat di Aula Cibitung Lantai 3 KPPBC TMP A Bekasi, yang diawali dengan pembacaan doa oleh Kasubsi Kepatuhan Pelaksanaan Tugas Pelayanan dan Administrasi, dan pembukaan oleh Kepala KPPBC TMP A Bekasi, Bapak Iskandar, dilanjutkan dengan acara inti dari kegiatan Capacity Building yang disampaikan langsung oleh Bapak Permana Agung Dradjattun. Pemaparan materi disampaikan dengan penuh semangat dan menarik untuk disimak. Salah satu bagian materiyang disampaikan beliau dan dapat dijadikan motivasi adalah beliau mengatakan bahwa kita harus mampu menghadapi masa depan dan segala tantangannya, karena masa depan yang akan datang tidak akan sama dengan masa sekarang serta bagaimana seharusnya kita menghadapi masa depan itu, yaitu dengan apa yang dapat kita lakukan saat ini. Beberapa pengalaman semasa beliau menjabat juga disampaikan dengan penuh harapan mampu memberikan inspirasi kepada pejabat serta pegawai yang hadir saat itu. Walau kesempatan ini merupakan pertama kalinya beliau mengunjungi KPPBC TMP A Bekasi, namun hal tersebut tidak mengurangi ikatan bathin yang terasa sangat hangat di sela-sela pemaparan materi yang disampaikan.

  

Aura kepemimpinan sosok Permana Agung sebagai ikon Bea Cukai Modern, masih sangat terasa, hingga segala hal-hal yang disampaikan terkait dengan tugas fungsi serta peran pemimpin mampu menggugah dan memberikan motivasi serta pencerahan tersendiri untuk beberapa pejabat di KPPBC TMP A Bekasi. Dan ini terbukti juga pada sesi diskusi dan tanya jawab dimana antusiasme peserta terlihat, dengan tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk mendapatkan jawaban langsung dari narasumber yang luar biasa ini. Beberapa pertanyaan diajukan terkait bagaimana menjadi seorang pemimpin yang baik dan yang tepat untuk sebuah instansi seperti DJBC ini. Dalam kesempatan itu juga, beliau memberikan beberapa tips untuk menjadi Great Leader diantaranya, memiliki kerendahan hati, menjunjung profesionalisme, menginginkan performance yang baik untuk kantornya serta apabila terjadi kegagalan tidak akan mencari kambing hitam. Pada akhir acara, dilakukan foto bersamadengan seluruh peserta.

Diharapkan setelah diselenggarakannya acara Capacity Building ini dapat menambah semangat dan motivasi bagi para pegawai KPPBC TMP A Bekasi, khususnya dalam melakukan pengawasan dan pelayanan yang terbaik. Serta memberikan bekal ilmu kepemimpinan bagi para pegawai yang nantinya akan menjabat guna menghadapi tantangan di Masa Mendatang.

(Seksi PLI KPPBC TMP A Bekasi @ 2015)