Bincang Bareng Bea Cukai di Program Banten Siang RRI Pro 1 Banten

Tangerang - Tak kenal maka berkenalanlah. Keinginan untuk lebih mengenalkan diri itulah yang mendorong Bea CukaiTangerang menyelenggarakan acara BinCang bareng Bea Cukai (BCBC) di segmen acara Banten Siang yang disiarkan secara langsung oleh stasiun radio RRI Pro 1 Banten pada saluran FM 99.49 MHz, Senin 29 Agustus 2016. Acara mengudara tepat pukul 10.00 WIB dipandu oleh penyiar Gita Puspita dan diisi oleh Wisnu Nuryanto (Kasi PLI), Sandya Bayu (Kasubsi Penyuluhan), dan OctrianiFeronica (Pelaksana Seksi PLI).

 

Kegiatan ini diselenggarakan bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang tugas dan fungsi serta visi dan misi Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC)dan Bea CukaiA Tangerang kepada masyarakat umum khususnya di wilayah Banten. Adanya pemahaman ini diharapkan dapat meningkatkan dukungan masyarakat kepada DJBC dalam menjalankan tugas dan fungsi khususnya dalam pencapaian kinerja Bea CukaiTangerang.

Mengingat acara ini adalah yang pertama kalinya diselenggarakan baik oleh RRI Banten maupun oleh Bea CukaiTangerang, diskusi membahas bea cukai secara umum mulai dari visi misi dan tugas fungsi DJBC, pelayanan apa saja yang di berikan Bea Cukai, Profil Bea Cukai Tangerang, dan sedikit memaparkan fasilitas tempat penimbunan berikat meliputi: kawasan berikat dan gudang berikat.

 

Selama diskusi on air ini, terdapat beberapa pertanyaan dari para pendengar baik melalui sms, twitter, maupun facebook RRI Banten mengenai beberapa hal. Diantaranya adalah:

1.    Bagaimana penanganan barang illegal oleh Bea dan Cukai?

2.    Bagaimana prosedur ekspor barang?

3.    Bagaimana cara melakukan perhitungan Pajak Barang Kiriman?

4.    Bagaimana peran Bea Cukai dalam rangka Perdagangan Bebas?

5.    Mengapa kiriman 3 (tiga) buah handphone ditahan oleh Bea Cukai?

6.    Bagaimana cara menangani terhadap opnum pegawai Bea Cukai yang nakal?

Tak terasa waktu sudah mendekati pukul 11.00 WIBdimana acara harus diakhiri. Dalam penutupnya Wisnu berpesan agar para pengusaha, baik skala besar maupun UKM, untuk bersama-sama mengembangkan industri di wilayah Tangerang khususnya dan Banten pada umumnya dengan memanfaatkan berbagai fasilitas yang telah disediakan pemerintah dalam hal ini bea cukai sehingga dapat bersaing secara kompetitif di kancah global.