Bimbingan Teknis dan Penyusunan Rencana Kebutuhan Barang Milik Negara (BMN) Tahun Anggaran 2020 di lingkungan Kanwil DJBC Khusus Papua

Pada tanggal 7-9 Agustus 2018 telah dilaksanakan Bimbingan Teknis dan Penyusunan Rencana Kebutuhan Barang Milik Negara (BMN) Tahun Anggaran 2020 di lingkungan Kanwil DJBC Khusus Papua yang diikuti oleh seluruh satuan kerja di lingkungan Kanwil dan diselenggarakan di aula KPPBC TMP C Sorong. Kegiatan dibuka oleh Kepala Kanwil, Padmoyo Tri Wikanto. Beliau menyampaikan bahwa perencanaan harus dilakukan dengan matang agar tidak terjadi banyak revisi di kemudian hari karena arahan dari kantor pusat mengatakan bahwa efisiensi harus dilakukan, salah satu caranya dengan tidak banyak revisi dengan perencanaan yang sudah matang. Efisiensi juga harus dilakukan dari hal - hal yang kecil seperti konsumsi saat rapat dan mengurangi penggunaan plastik untuk mendukung gerakan go green.

Kegiatan dilanjutkan dengan materi pengantar yg disampaikan oleh Kasubbag Perencanaan BMN Kantor Pusat DJBC, Antonius Anjar Rismanto dan disampaikan penjelasan apa saja yang harus diselesaikan pada kegiatan ini serta kendala - kendala apa saja yang biasanya dihadapi oleh satuan kerja di lingkungan Kanwil DJBC Khusus Papua. Banyak pertanyaan yang diutarakan oleh perwakilan satker, terutama dari operator aplikasi yang masih baru saja ditempatkan disana. Aplikasi yang dipakai dalam RKBMN ini adalah SIMAN (Sistem Informasi Manajemen Aset Negara) dimana pihak yang bertanggung jawab di masing - masing satker adalah Rumah Tangga (Bagian/Subbagian Umum).

Kegiatan ini dilakukan terhadap BMN yang telah terdapat Standar Barang dan Standar Kebutuhan (SBSK) seperti tanah untuk gedung kantor, tanah untuk rumah negara, bangunan gedung kantor, bangunan rumah negara, serta kendaraan dinas. Setelah penjelasan dari pewakilan Subbagian Perencanaan BMN, kegiatan penyusunan RKBMN dilanjutkan dengan verifikasi oleh Subbagian Perencanaan BMN yang juga didampingi perwakilan dari Biro Perlengkapan Sekretariat Jenderal Kemenkeu.