BERGURU KE BEA CUKAI INDONESIA

Jakarta (07/10/2019) - Regional Workshop on Post Clearance Audit (PCA) dalam rangka meningkatkan kapabilitas para pegawai Bea Cukai di ASEAN di bidang Post Clearance Audit (PCA) tingkat intermediate diselenggarakan di Pusdiklat Bea Cukai, 1-3 Oktober 2019
Acara yang dihadiri kurang lebih 30 orang peserta dari 10 negara anggota ASEAN dan Sekretariat ASEAN mengulas mengenai topik utama yaitu World Customs Organization  (WCO) Guidelines untuk penguatan kerja sama dan pertukaran informasi antara administrasi kepabeanan dengan instansi pajak pada level nasional.

Para peserta workshop PCA juga berkesempatan untuk mengikuti apel khusus dalam rangka memperingati Hari Bea Cukai ke-73 dan melakukan study visit ke beberapa unit di Kantor Pusat Bea Cukai dan Kanal BC Radio.

Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga, R Syarif Hidayat mengungkapkan Indonesia mempunyai sistem yang tidak hanya bekerja dikelola oleh Bea Cukai sendiri tetapi juga bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pajak yang mungkin dapat diterapkan juga di negara ASEAN.

Dengan data dukungan dari otoritas pajak, PCA menjadi lebih komperehensif dan efektif dalam memeriksa laporan keuangan dan non-keuangan.

Diharapkan dengan adanya workshop ini mampu menjelaskan dan memberikan pemahaman yang sama kepada Bea Cukai di negara ASEAN pada kasus kasus yang mungkin terjadi dan berkembang dalam unit PCA.