Bea Cukai Tual Melakukan Pengawasan Pembongkaran BKC MMEA di Pelabuhan Saumlaki

( Saumlaki, Kepulauan Tanimbar - Sabtu, 7/09/2019 ) Kepala Sub Seksi Hanggar Pabean Cukai 1, Iskandar dan pegawai seksi Pabean yang sedang melaksanakan tugas kumandah di Pos Pengawasan Bea Cukai Saumlaki melaksanakan tugas pengawasan pembongkaran BKC MMEA di Pelabuhan Saumlaki, Kepulauan Tanimbar pada hari Sabtu tanggal 7 September 2019.

Petugas Bea Cukai Tual melakukan pengawasan pembongkaran 1 kontainer BKC MMEA dari Sidoarjo Jawa Timur dengan tujuan CV Tanimbar Indah di Saumlaki, Kepulauan Tanimbar. Pemeriksaan dilakukan dengan melihat jumlah dan jenis barang yang diberitahukan dalam dokumen CK-5 dengan fisik barang yang dilakukan pembongkaran.

CV Tanimbar Indah merupakan salah satu pengusaha BKC yang telah mendapatkan ijin NPPBKC di bawah wilayah pengawasan KPPBC TMP C Tual. Bea Cukai Tual selama ini telah mengoptimalkan pengawasan mutasi BKC MMEA untuk mencegah perdagangan dan peredaran BKC Ilegal yang meresahkan dan mengancam kesehatan masyarakat, juga sebagai upaya mengamankan penerimaan negara dari sektor Cukai.

Bea Cukai Tual telah berupaya melaksanakan Peraturan Menteri Keuangan nomor : 66/PMK.04/2018 tentang Tata Cara Pemberian, Pembekuan dan Pencabutan NPPBKC, sehingga para pengusaha BKC di bawah wilayah pengawasan KPPBC TMP C Tual dapat melaksanakan hak dan kewajibannya dengan tenang dan turut serta mengendalikan peredaran BKC ilegal yang meresahkan masyarakat. Diharapkan peran serta masyarakat untuk dapat bersama-sama Bea Cukai melakukan pengawasan dan peredaran BKC ilegal.