Bea Cukai Tual Berikan Pelayanan Yang Mudah Terhadap Kapal Yacht di Saumlaki

 

(Tual 29/03) Bea Cukai Tual melakukan pengawasan dan Pelayanan Clearance Out kapal wisata asing (yacht) berbendera SY. Cetacea yang akan menuju ke Darwin, Australia. Pemeriksaan dilakukan oleh Kepala Subseksi Hanggar Pabean dan Cukai I, Hamka Pratama Narundari M. dan dua orang Petugas Bea Cukai, Farizaki Adhileon dan Yeza Sulthan Naufal di Kantor Karantina Saumlaki pada hari Sabtu tanggal 28 Maret 2020.

Pemeriksaan dilakukan setelah kru kapal mendapatkan pemeriksaan oleh pihak Karantina Pelabuhan. setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan, kru beserta kapten kapal dinyatakan bebas dari gejala penyakit Corona dan diizinkan untuk melakukan pengurusan administrasi.

Berdasarkan analisa dan perbandingan terhadap data yang tercantum di dalam VD terhadap dokumen kelengkapan kapal, didapati kesesuaian antara ukuran fisik kapal, jumlah kru, nomor mesin, serial MMSI dan AIS. Berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan dapat disimulkan bahwa tidak didapati pelanggaran di bidang kepabeanan.

Petugas Bea Cukai Tual dalam memberikan pelayanan mengedepankan pelayanan yang mudah, cepat dan tidak dipungut biaya apapun. Diharapkan dengan dilakukannya pemeriksaan tersebut mencegah pelanggaran dibidang kepabeanan dan cukai serta mencegah penyebaran virus Covid-19.