Bea Cukai Ternate Adakan Klinik Ekspor Bersama Pengusaha IKM

Ternate - Di awal tahun 2019, sebagai bentuk dukungan Kantor Bea dan Cukai Ternate terhadap Industri Kecil dan Menengah,Bea dan Cukai Ternate mengadakan kegiatan "Klinik Ekspor Bersama Pengusaha IKM" pada Kamis (03/01) tidak hanya dihadiri oleh Bea Cukai, beberapa instansi lain juga ikut dalam acara ini di antaranya Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas II Kota Ternate & Abdul Kadir selaku Kepala Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan Kelas I Ternate.

Kepala Kantor Bea Cukai Ternate Musafak mengungkapkan bahwa kegiatan klinik ekspor dilaksanakan sebagai wadah pengusaha IKM untuk mengetahui proses ekspor. Sehingga nantinya diharapkan dapat mendorong kegiatan ekspor di masa yang akan datang. “Kendala yang masih dialami para calon eksportir di antarannya lebih kepada packaging produk dan belum mau menggunakan bahan pengawet pada produk kami. Alat yang kami gunakan juga masih terbatas dalam proses produksi,” ungkap Musafak.

Kegiatan ini diharapkan membawa manfaat lebih banyak lagi bagi Industri Kecil dan Menengah khususnya yang ada di kota Ternate dan di seluruh provinsi Maluku Utara pada umumnya. Sehingga apa yang menjadi harapan bersama, yaitu peningkatan perkembangan ekonomi di provinsi Maluku Utara akan terwujud.