Bea Cukai Sosialisasikan Desain Pita Cukai Tahun 2017

Jakarta (16/02) – Direktorat Teknis dan Fasilitas Cukai menyelenggarakan Sosialisasi dan Identifikasi Pita Cukai Tahun 2017. Acara yang diadakan di Kantor Pusat Bea Cukai ini dihadiri oleh perwakilan pejabat dan pegawai dari Kantor-Kantor Wilayah dan Pelayanan Bea Cukai di daerah. Para pegawai yang hadir pada acara ini nantinya akan memberikan pelatihan kepada pegawai yang bertugas di lapangan.

Dalam sambutannya, Direktur Cukai yang diwakili oleh Kepala Subdirektorat Pelunasan dan Pengembalian Cukai, Gunawan Tri Wibowo, mengungkapkan bahwa acara ini ditujukan untuk melatih pegawai dalam mengidentifikasi pita cukai tahun 2017. “Setiap tahun, pita cukai yang diedarkan selalu berbeda. Hal ini merupakan upaya pengamanan untuk mencegah tindakan pemalsuan,” ungkapnya.

 

Dalam acara ini, PERURI selaku tim konsorsium pencetakan pita cukai memberikan pelatihan identifikasi kepada para pejabat dan pegawai di acara tersebut. Dalam pelatihan tersebut para peserta diminta untuk mengidentifikasi pita cukai tahun 2017 dan membedakan antara yang asli dan palsu. Ini ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketelitian para pegawai dalam mengidentifikasi pita cukai agar dapat menghindari upaya-upaya pemalsuan yang merugikan negara.