Bea Cukai se-Jawa Barat Gelar Rakerwil 2018 di Tasikmalaya

Tasikmalaya (08/03/2018) - Dalam rangka menjalankan salah satu fungsi Bea Cukai untuk meningkatkan pertumbuhan industri dalam negeri melalui pemberian fasilitas di Bidang Kepabeanan dan Cukai yang tepat sasaran, Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Barat menyelenggarakan Rapat Kerja Wilayah Tahun 2018 dengan tema “Optimalisasi Pelayanan dan Fasilitas Kepabeanan Guna Mendukung Iklim Usaha yang Mudah.”

Bertempat di Kantor Bea Cukai Tasikmalaya, rapat kerja berlangsung selama 2 hari. Rapat kerja dibuka dan dipimpin oleh Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Barat, Saipullah Nasution. Hadir dalam rapat tersebut semua Kepala Bidang/Bagian Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Barat dan seluruh Kepala Kantor Bea Cukai di lingkungan Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Barat didampingi oleh Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai/Penindakan dan Penyidikan.

Rapat Kerja Wilayah dimulai dengan pembahasan mengenai Dialog Kinerja Organisasi (DKO) yang dimoderatori oleh Kepala Bidang Kepatuhan Internal, Danang Kuswidodo. Setelah pelaksanaan DKO, Rapat Kerja Wilayah membahas 4 pokok masalah hot issue yang sudah dikumpulkan dari masing-masing Kantor Bea Cukai di lingkungan Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Barat terkait dengan fasilitas Tempat Penimbunan Berikat (TPB).  Pokok masalah tersebut adalah subkontrak, kelengkapan dokumen, aplikasi, dan lain-lain. Total keseluruhan jumlah masalah yang dibahas adalah 20 identifikasi masalah. Selain itu dalam rapat kerja ini juga dibahas mengenai Manajemen Risiko. Setelah pembahasan masalah, dilakukan launching Visi, Misi, Moto, dan Logo resmi Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Barat. Visi Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Barat adalah “MENJADI KANTOR WILAYAH BEA CUKAI TERDEPAN DAN TERPERCAYA”.

Selanjutnya, moto Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Barat adalah “BEA CUKAI JABAR” yang merupakan akronim dari Bea Cukai Jawa Barat menjunjung tinggi nilai Jujur, Amanah, Bijak, Akuntabel, dan Responsif. Hari pertama Rapat Kerja Wilayah selesai pad apukul 21.00.

Pada hari kedua, Jumat, tanggal 9 Maret 2018 dilakukan olahraga bersama seluruh peserta dan panitia Rapat Kerja Wilayah. Setelah itu dilakukan pembahasan kesimpulan dan rencana tindak lanjut dari hasil rapat kerja hari sebelumnya. Rapat Kerja Wilayah diakhiri dengan pembacaan kesimpulan oleh Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Barat, Saipullah Nasution.