Bea Cukai Pererat Sinergi dengan Pengusaha Cukai Terbesar

Tangerang. Dengan sinergi, kinerja yang dihasilkan akan lebih baik. Itulah yang menjadi semangat Bea Cukai ketika rombongan yang dipimpin oleh Direktur Teknis dan Fasilitas Cukai Bapak Marisi Zainuddin Sihotang berkunjung ke salah satu pengusaha cukai terbesar di Indonesia PT Multi Bintang Indonesia (MBI) pada hari Kamis tanggal 7 September 2017. Turut serta dalam rombongan diantaranya adalah Kepala KPPBC TMP A Tangerang Bapak Aris Sudarminto beserta jajarannya, Kasubdit Potensi Cukai dan Kepatuhan Pengusaha BKC Bapak Muh.Sutartib, Kasubdit Tarif Cukai dan Harga Dasar Bapak Sunaryo serta beberapa Kepala Seksi dan Pelaksana dari Direktorat Teknis dan Fasilitas Cukai.

Tujuan kunjungan ke pabrik yang berlokasi di Jalan Daan Mogot Kota Tangerang ini adalah untuk meningkatkan sinergi dengan MBI terkait target penerimaan cukai dari minuman mengandung etil alkohol (MMEA). Dalam pertemuan tersebut dibahas realisasi target penerimaan cukai MMEA untuk PT. Multi Bintang Indonesia tahun 2017 sampai bulan Juni mencapai Rp 322.821.786.800 yaitu sebesar 19,78%. Jumlah tersebut lebih kecil dari capaian target MBI yang seharusnya yaitu sebesar 54%. Dari hasil diskusi diketahui bahwa penurunan capaian target disebabkan karena penurunan penjualan BKC (Gol A) dipasaran. Termasuk hal yang menjadi kendala adalah banyaknya pemerintah daerah yang menjadi pusat pemasaran MMEA memberlakukan peraturan daerah tentang larangan minuman beralkohol.

Dalam kesempatan ini MBI juga menyampaikan optimisme pencapaian target tahun ini yang akan terealisasi pada 4 bulan terakhir yaitu dari bulan September s.d Desember 2017

Pertemuan diakhiri dengan bincang ringan dan ditutup makan siang bersama.