Bea Cukai Pangkalan Bun Gelar Coffe Morning di Penghujung Tahun

Pangkalan Bun (21/12) – Bea Cukai Pangkalan Bun menyelenggarakan Coffee Morning dalam rangka Peresmian Tipologi Baru Kantor dan Peringatan Hari Anti Korupsi yang bertajuk “Bergerak Bersama Memberantas Korupsi untuk Mewujudkan Masyarakat Sejahtera.” Coffee Morning ini dihadiri oleh 19 pimpinan/perwakilan eksportir, importir, sarana pengangkut, dan pabrik rokok. Turut hadir pula pimpinan/perwakilan dari instansi pemerintah di Pangkalan Bun yaitu Pelindo III, KSOP Pangkalan Bun, Karantina Pangkalan Bun, Polair Pangkalan Bun, serta Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kotawaringin Barat. Bertempat di Aula Tengah Kantor Bea Cukai Pangkalan Bun, acara berlangsung dimulai pukul 09.00 WIB. Acara dibuka dengan menyanyikan lagu nasional Indonesia Raya, pemutaran video profil DJBC, dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Kantor Bea Cukai Pangkalan Bun, Nurtanti Widyasari.

Dalam sambutannya, bahwa alasan diselenggarakannya coffee morning ini adalah untuk menjalin sinergi yang baik antara Bea Cukai Pangkalan Bun dengan pengguna jasa dan instansi pemerintah di daerah, karena Bea Cukai Pangkalan Bun baru saja naik tipologi kantor dan banyak pejabat yang baru. Maka dari itu, perlu untuk membangun kesepahaman bersama antara bea cukai dengan pengguna jasa dalam hal kegiatan pelayanan kepabeanan dan cukai sehubungan dengan adanya perubahan tipologi kantor. Dan juga perlu berkenalan dengan beberapa instansi pemerintah di daerah untuk ke depan dapat berkoordinasi menjalin kerja sama.

"Direktorat Jenderal Bea Cukai saat ini juga mendukung gerakan anti korupsi, salah satunya dengan adanya Unit Pengendalian Gratifikasi, saya harapkan adanya komitmen dan kerja sama dari para pengguna jasa untuk mendukung gerakan anti korupsi ini," ujar beliau.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan Sharing Session tentang pelayanan dan pengawasan yang disampaikan oleh Kepala Seksi  Pelayanan Kepabeanan dan Cukai dan Dukungan Teknis, Rini Setiyowati dan Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan, Fitriyanto Brotowasana. Dalam Sharing Session ini dibahas terkait evaluasi-evaluasi atas pelaksanaan kegiatan pelayanan di Kantor Bea Cukai Pangkalan Bun dan juga terkait komitmen Bea Cukai Pangkalan Bun untuk memberantas peredaran rokok ilegal.

Coffee Break dimeriahkan oleh penampilan dari band pegawai bea cukai muda, Pangkalan Boyz yang membawakan 2 buah lagu berjudul Kangen dan Asmara Nusantara.

Sebagai penutup acara dilakukan ceremonial peresmian kantor yang ditandai dengan pembukaan kain penutup backdrop baru yang bertuliskan KPPBC TMP C Pangkalan Bun serta penandatanganan deklarasi anti gratifikasi oleh pengguna jasa dengan kepala kantor. Kepala Kantor Bea Cukai Pangkalan Bun menegaskan bahwa penandatanganan deklarasi ini bukan hanya ceremonial semata, namun juga merupakan kebulatan tekad dan kesungguhan bea cukai untuk bebas dari praktik gratifikasi dan sebagai bentuk komitmen bersama anti korupsi.