Bea Cukai Membekali Para Calon Sekretaris

Para mahasiswa Program Diploma I Sekretaris dari Magistra Utama mengunjungi KPPBC TMP Tanjung Emas pada hari Selasa, 17 Oktober 2017. Seperti biasa, kunjungan bertempat di ruang pendidikan lantai tiga. Para mahasiswa tersebut didampingi oleh seorang dosen pendamping bernama Ibu Irawati. Sebelum memasuki ruangan, para mahasiswa menandatangani absen serta mengambil goodie bag dan snack terlebih dahulu. Kunjungan seperti ini merupakan kegiatan tahunan dari Magistra Utama, sehingga setiap tahun Magistra Utama selalu mengirimkan mahasiswanya untuk berkunjung ke KPPBC TMP Tanjung Emas.

Acara tersebut diawali dengan sambutan dari Ibu Irawati yang mewakili Magistra Utama dan Ibu Lusiani Wiyanti yang mewakili KPPBC TMP Tanjung Emas. Setelah sambutan, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi dari Bapak Yendra Robi. Pak Robi menyampaikan materi tentang pengenalan Bea dan Cukai. Di kalangan awam, bisa dibilang Bea Cukai memang tidak “tenar” alias tidak banyak yang mengetahui tentang Bea Cukai. Bahkan sebagian besar pegawai Bea Cukai baru mengetahuinya saat memasuki bangku kuliah atau bahkan saat sudah memasuki instansi ini. Oleh karena itu, pengenalan dasar ini sangat penting diberikan. Pengenalan tersebut meliputi pengenalan kepabeanan, instansi, tugas dan fungsi, dan kewenangan kantor.

Setelah dikenalkan tentang Bea dan Cukai, para mahasiswa tersebut dapat memahami materi dengan baik, terbukti pada saat ditanya mereka bisa menjawab. Bukan hanya menjawab, mereka juga aktif bertanya. Sebanyak delapan orang penanya juga tentu mendapatkan souvenir menarik. Di sela-sela acara juga diberikan ice breaking agar para peserta tidak bosan dan mengantuk saat penyampaian materi. Semoga apa yang tim penyuluhan sampaikan dapat dicerna dengan baik serta bermanfaat.