BEA CUKAI MALANG DUKUNG EKSPOR IMPOR UNTUK UMKM LEBIH MAJU

Malang - 14 s.d. 15 Oktober 2017, PT HM Sampoerna, Tbk menggelar kegiatan Pusat Pelatihan Kewirausahaan (PPK) Sampoerna Expo Tahun 2017 di Taman Krida Budaya Jawa Timur, Malang. Kegiatan tersebut diikuti oleh puluhan UMKM binaan PT HM Sampoerna, Tbk dari berbagai wilayah di tanah air.

Tidak menyia-nyiakan kesempatan yang ada, KPPBC Tipe Madya Cukai Malang turut berpartisipasi dalam acara tersebut untuk menyampaikan berbagai informasi terkait ketentuan di bidang kepabeanan dan cukai, khususnya kepada pengusaha UMKM yang tengah memperkenalkan produknya kepada para pengunjung. Tim layanan informasi KPPBC Tipe Madya Cukai Malang membuka meja layanan informasi di salah satu sudut area kegiatan sembari memamerkan barang-barang hasil penindakan pada tahun 2017 pada pukul 08.00 WIB s.d. 22.00 WIB.

Kehadiran KPPBC Tipe Madya Cukai Malang mendapat sambutan yang sangat hangat dari puluhan pengusaha UMKM dalam perhelatan dua hari tersebut. Betapa tidak. Terdapat begitu banyak pengusaha UMKM yang menyampaikan impian mereka untuk memasarkan produknya ke mancanegara. Namun, hanya sedikit di antara pengusaha tersebut yang memahami ketentuan dan memiliki pengalaman di bidang ekspor. Berdasarkan penelusuran tim layanan informasi KPPBC Tipe Madya Cukai Malang, dari 57 UMKM yang mempromosikan produk mereka dalam acara tersebut, tercatat hanya 4 UMKM yang pernah melakukan kegiatan ekspor. Sebagai instansi yang bertanggung jawab terhadap kegiatan ekspor dan impor, KPPBC Tipe Madya Cukai Malang sangat antusias untuk menyampaikan pemahaman terkait ketentuan di bidang ekspor dan mengenalkan sebuah fasilitas yang sedang dipromosikan oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, yaitu Kemudahan Impor Tujuan Ekspor bagi Industri Kecil Menengah.

Turut hadir dalam pesta UMKM tersebut, yaitu: Bapak M. Hanif Dhakiri selaku Menteri Tenaga Kerja Indonesia, Bapak Andreas Eddy Susetyo selaku Anggota Komisi XI DPR, Bapak Agus Hermawan selaku Kepala Kantor Wilayah DJBC Jawa Timur II, Bapak Rudy Hery Kurniawan selaku Kepala KPPBC Tipe Madya Cukai Malang, dan Bapak Ervin L. Pakpahan selaku Head of Stakeholder, Regional Relations & CSR Sampoerna.