BEA CUKAI LAMPUNG LIVE di RRI 90.9 FM

Sore pukul 15.35 tanggal  7 April 2016, TimPLIBea Cukai Bandar Lampungmeluncurdengan mobil dinas kantor menuju RRI Bandar Lampung. Sepanjang jalan dari kantor, cuaca sungguh bersahabat, udara segar habis hujan, dan matahari masih redup terutup mendung yang menipis.

Setelah kami masuk ke ruangan sebelah kiri, kami bertemu dengan Pak Beni Novri, Kepala Kantor kami sedang berbincang dengan Pak Thohir, penyiar senior RRI Bandar Lampung. Tak lama kami berempat memasuki ruang siaran berdindingkan kaca sisi bagian luar.

Setelah selesai satu buah lagu yang disiarkan di radio, tepat pukul 16.00 Pak Thohir menyapa penggemar RRI, “Selamat sore para pemirsa RRI Bandar Lampung di manapun anda berada.......kali ini kita kedatangan tamudari Bea dan Cukai yang tentu sangat menarik buat diperbincangkan .......” dan seterusnya setelah diperkenalkannama & jabatan di Kantor Bea Cukai LampungPak Beni Novri dan Pak Agus Cahyono segera obrolan mengalir tentang Optimalisasi Penerimaan Bea dan Cukai Bandar Lampung selama Triwulan I tahun 2016.

  

Selang sekitar sepuluh menit obrolan berlangsung datanglah satu orang lagi memasuki ruangan siaran yang ternyata bernama Pak Umar, seorang wartawan senior harian Lampung Post menambah semarak obrolan berempat.

Dalam kesempatan siaran ini Pak Beni dan Pak Agus Cahyono bertutur tentang pencapaian penerimaan Bea Cukai Bandar Lampung selama triwulan I tahun 2016yaitu Bea Masuk Rp 229.908.274.429 (17.17% dari target), Cukai Rp180.000.000 (21.22% dari target), dan Bea Keluar Rp5.934.860.000 (32.97%dari target) dari target penerimaan 2016 secara keseluruhan sebesar Rp 1,3 Trilyun, serta upaya-upaya optimalisasi diantaranya bahwa selama Triwulan I tahun 2016 telah dilakukan penindakan pelanggaran kepabeanan dan cukai sebanyak 45 kali,diantaranya kasus yang menonjol adalah penindakan atas Sex Toys dan Bibit di Kantor Pos, Penindakan Rokok dan Miras di Lampung Selatan dan Pesisir Timur Sumatera.

Tanpa terasa waktu telah menunjukkan pukul 16.50 menit,  selama hampir satu jam penuh tanpa iklan, kegiatan on air Bea Cukai Bandar Lampung di RRI kemudian acara ditutup oleh Pak Thohir setelah Pak Beni menyampaikan Closing Statement bahwauntuk mengoptimalisasikan target penerimaan, dibutuhkan peningkatan pengawasan di bidang kepabeanan dan cukai. Pak Beni juga menambahkan untuk terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat luas tentang Bea dan Cukai, khususnya di Bandar Lampung.

 

[Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi KPPBC TMP B Bandar Lampung]