Bea Cukai Lampung Berikan Penyuluhan Kepada Para Calon TKI

Lampung (04/01) - Bertempat di Islamic Center, Kantor Bea Cukai Bandar Lampung melaksanakan Sosialisasi dan Pembekalan Akhir Pemberangkatan yang ditujukan kepada calon TKI yang akan berangkat bekerja ke luar negeri. Calon TKI yang ada di acara tersebut akan bekerja di Malaysia yang berasal dari berbagai daerah di sekitar Lampung dari berbagai kalangan, usia, dan jenis kelamin.

Kegiatan tersebut dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi pagi pada pukul 10.00 dan sesi siang pada pukul 15.00. Pembekalan ini merupakan kegiatan rutin yang diterima oleh calon TKI. Materi sosialisasi yang diberikan oleh Bea Cukai baik, yaitu terkait barang kiriman pos, barang bawaan penumpang, barang pindahan, dan modus-modus penyelundupan. Maksud dari sosialisasi ini bertujuan untuk menambah wawasan calon TKI yang kemungkinan kurang mengerti tentang prosedur keluar masuknya barang dari dan/atau ke luar negeri. Selain itu, kegiatan ini dimaksudkan untuk menghindari pemanfaatan calon TKI tersebut oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Sebagai pembicara pada sesi pertama disampaikan oleh Agus Cahyono, Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi dengan jumlah peserta 37 orang calon TKI. Sedangkan sesi kedua disampaikan oleh Juanda Kautsar, Pelaksana Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi dengan jumlah peserta 37 orang calon TKI. 

Sosialisasi berlangsung dengan kondusif dan tingginya antusias para peserta terhadao materi yang dibawakan. Dengan pembekalan ini diharapkan para calon TKI dapat lebih memilih dan memilah barang yang akan dibawa atau dikirimkan kembali ke Indonesia, serta lebih mengerti garis besar dari prosedur keluar masuknya barang dari dan/atau luar negeri.

[ Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi KPPBC TMP B Bandar Lampung ]