BEA CUKAI KUALANAMU AMANKAN SABU YANG DIKENDALIKAN DARI LAPAS

KUALANAMU – Bea Cukai Kualanamu menyelenggarakan konferensi pers penggagalan penyelundupan Narkotika Golongan I jenis methamphetamine (sabu) sebanyak 201 gram yang dibawa oleh seorang penumpang berinisial EO warga negara Malaysia yang tiba menggunakan pesawat terbang dengan rute Kuala Lumpur – Kualanamu Bandara Internasional Kuala Namu. Acara ini turut dihadiri Kabag Pengawasan dan Penyidikan Direktur Reserse Narkoba Polda Sumatera Utara, Kepala Seksi Penyidikan Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Utara, dan Kapolsek Beringin.

Dalam kronologis penindakan yang dipaparkan oleh Kepala Kantor Bea Cukai Kualanamu Zaky Firmansyah, diketahui bahwa pada hari Selasa (18/10) sekitar pukul 18.30 WIB, Tim CNT (Customs Narcotics Team) Bea Cukai Kualanamu dan Unit Anjing Pelacak Narkotika (APN) Kanwil Bea Cukai Sumatera Utara berdasarkan hasil analisa dan profiling berhasil mengamankan salah seorang penumpang yang dicurigai membawa narkotika. Dari wawancara, pemeriksaan dengan menggunakan anjing pelacak, dan pemeriksaan secara mendalam dengan menggunakan alat pemindai (x-ray), petugas menemukan satu bungkus serbuk kristal putih dengan berat 201 gram yang disembunyikan di dalam monitor laptop milik EO.

Atas kasus tersebut, tim CNT Bea Cukai Kualanamu bersama dengan Dit Res. Narkoba POLDASU melakukan penyelidikan dan diperoleh informasi bahwa yang menyuruh EO adalah tersangka R yang saat ini berada di Lapas Cipinang. R memerintahkan untuk mengambil barang tersebut ke seorang laki-laki warga negara Pakistan yang berada di Kuala Lumpur Malaysia, dan diserahkan kepada R. Saat ini R sudah diamankan dengan kasus yang serupa.

Sebagai tindak lanjut penindakan, pelaku, barang bukti, dan berkas telah diserahterimakan dari Bea Cukai Kualanamu ke Dit. Res Narkoba Sumatera Utara untuk proses penyidikan lebih lanjut. Dari upaya penggagalan Narkotika Golongan I jenis Methamphetamine (sabu) ini maka Bea Cukai berhasil menyelamatkan 1.005 orang dari bahaya narkotika dengan asumsi 1 gram dikonsumsi oleh 5 orang.