BEA CUKAI JAMBI RELEASE BARANG TEGAHAN PENINDAKAN PERIODE JANUARI S.D. SEPTEMBER 2017

Jambi (05/10) – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Jambi melaksanakan kegiatan Press Conference Barang Hasil Penindakan Periode Januari s.d. September 2017.

Dalam Kurun waktu kurang lebih 9 bulan setidaknya ada 64 (enam puluh empat) pelanggaran ketentuan kepabeanan dan cukai yang berhasil digagalkan oleh Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Jambi, adapun penindakan tersebut yaitu 40 (empat puluh) kali penindakan dibidang kepabeanan, dan 24 (dua puluh empat) kali penindakan dibidang cukai.

Barang yang ditegah dalam penindakan tersebut juga beragam, adapun barang yang ditegah dari pelanggaran dibidang kepabeanan seperti alat olahraga, Obat-obatan tradisional, kosmetik dan lain sebagainya. Sedang dibidang cukai, barang yang ditegah meliputi Rokok sebanyak 10.608.864 (sepuluh juta enam ratus delapan ribu delapan ratus enam puluh empat) batang dan Minuman Mengandung Etil Alkohol sebanyak 592,58 (lima ratus sembilan puluh dua koma lima puluh delapan) Liter.

Dari hasil penindakan yang dilakukan pada tahun 2017 ini, Bea Cukai Jambi diperkirakan telah berhasil mencegah terjadinya potensi kerugian negara sebesar 2.805.975.498 (dua milyar delapan ratus lima juta sembilan ratus tujuh puluh lima ribu empat ratus sembilan puluh delapan rupiah.) dengan perkiraan nilai barang sebesar 4.250.250.654 (empat milyar dua ratus lima puluh juta dua ratus lima puluh ribu enam ratus lima puluh empat rupiah.)

Penindakan tahun ini tergolong lebih banyak dan mengalami peningkatan dibandingkan dengan jumlah penindakan tahun sebelumnya sedang tahun 2017 masih sisa hampir 3 bulan berjalan. Pada tahun 2016 lalu, periode Januari s.d. Desember 2016, Bea Cukai Jambi hanya berhasil melakukan penindakan sebanyak 55 (lima puluh lima) kali penindakan.

Priyono Triatmojo, selaku Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Jambi menuturkan bahwa “dalam rangka menjalankan tugas dan fungsi, Bea Cukai Jambi selalu meningkatkan pelayanan dan pengawasannya baik dibidang kepabeanan maupun cukai. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi kami untuk bergerak seimbang antara pengawasan dan pelayanan dan tidak luput pula peran masyarakat dan sinergi instansi terkait seperti Polda Jambi, TNI, dan Kejaksaan dalam mendukung kegiatan ini. Semoga kedepannya peran ini dapat menjadikan bea cukai makin baik “bekerja giat untuk kesejahteraan rakyat.”- Ujarnya.