Bea Cukai Entikong Goes to School

Entikong (16/03) - Siswa/siswi kelas 12 Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Entikong terlihat begitu antusias mengikuti kegiatan Customs Goes to School yang diadakan oleh Bea Cukai. Kegiatan sosialisasi dengan tema Mengenal Bea Cukai Lebih Dekat bertujuan untuk mengenalkan Bea Cukai kepada siswa/siswi ini dimulai pada pukul 09.00 WIB.

Diawali dengan sambutan oleh Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Entikong, Adi Ahmadi. Beliau mengucapkan banyak terima kasih kepada Bea Cukai Entikong karena telah mengadakan kegiatan yang baru pertama kalinya instansi pemerintah melakukan sosialisasi kepada muridnya. Beliau paham betapa pentingnya mengenal Bea Cukai bagi masyarakat perbatasan dan berpesan kepada muridnya untuk menggunakan kesempatan ini dengan bertanya sebanyak-banyaknya. Harapan beliau kedepannya semakin banyak kegiatan seperti ini yang diadakan di SMKN 1 Entikong.

Dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan KPPBC TMP C Entikong, Sofyar Banuaraja Ritonga. Beliau juga memberikan ucapan terimakasih untuk SMKN 1 Entikong atas dukungan dari pihak sekolah yang telah bersedia memberikan waktu, tempat dan kesempatan atas terselenggaranya kegiatan Customs Goes to School.

Bertempat di ruang aula SMKN 1 Entikong, sejumlah 63 Siswa/Siswi mengikuti sosialisasi yang menyampaikan tentang tugas pokok dan fungsi Bea dan Cukai. Selain itu, Acara Customs Goes to School juga diselenggrakan untuk mengajak Siswa/Siswi bergabung dengan Bea Cukai setelah lulus dari SMK nanti dengan memberikan pengetahuan tentang Politeknik Keuangan Negara STAN. Terdapat sesi berbagi pengalaman oleh Pegawai Bea Cukai ketika melakukan pendidikan di Politeknik Keuangan Negara STAN hingga menjadi seorang pegawai Bea Cukai.

Untuk memeriahkan acara siswa/siswi diajak untuk bermain game interaktif singkat bersama. Berbagai macam hadiah diberikan untuk peserta yang aktif dalam melakukan tanya jawab. Kegiatan Customs Goes to School di SMKN 1 Entikong diakhiri dengan penyerahan cindera mata dari Bea Cukai Entikong dan foto bersama.

Kegiatan Customs Goes to School ini medapatkan apresiasi yang luar biasa dari Kepala SMKN 1 Entikong karena dengan adanya sosialisasi seperti ini telah meningkatkan semangat para murid untuk belajar dalam mempersiapkan  masuk ke Politeknik Keuangan Negara STAN serta semakin membuka wawasan bahkan bagi beliau sendiri tentang Bea Cukai.

Siswa/siswi mengaku sangat terbantu atas diadakannya kegiatan ini karena mereka pada awalnya belum mengetahui apa itu Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, apa saja tugas dan fungsi Bea Cukai. Mereka juga berterimakasih karena sudah mendapatkan informasi yang jelas untuk mendaftar ke PKN STAN serta apa saja yang harus dipersiapkan.