Bea Cukai dan KPK Sinergi Cegah Korupsi

JAKARTA – Direktorat Jenderal Bea dan Cukai bersama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menjalin sinergi untuk mencegah korupsi di lingkungan bea cukai. “Kerja sama ini dilakukan sebagai salah satu bentuk keseriusan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dalam mencegah korupsi di lingkungan Bea dan Cukai” ujar Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi dalam kunjungannya ke KPK, Jumat petang, 29 Januari 2016.

  

Heru menjelaskan bahwa dalam melaksanakan fungsi strategis seperti fasilitasi industri dan perdagangan, menjaga perbatasan dan memberantas penyelundupan serta mengoptimalisasi penerimaan pabean cukai dan perpajakan lainnya, Bea Cukai mutlak untuk menguatkan kerja sama dengan instansi/ penegak hukum lainnya di Indonesia. Misalnya dalam bidang fasilitasi industri dan perdagangan Bea Cukai menjalin kerja sama dengan Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian dan BKPM. Kemudian untuk kerja sama intelijen dengan BIN, hukum dengan TNI dan POLRI.

Heru menambahkan bahwa kunjungannya tersebut sekaligus menjelaskan langkah-langkah Bea Cukai dalam upaya pemberantasan korupsi di lingkungannya. Beberapa langkah yang diambil oleh Bea Cukai diantaranya: perbaikan tata organisasi seperti adanya Subdit Pencegahan yang salah satunya berfungsi untuk mencegah gratifikasi, penandatanganan komitmen pengendali gratifikasi oleh seluruh jajaran bea cukai, penandatanganan pakta integitras oleh seluruh pejabat dan pegawai bea cukai, penandatanganan deklarasi pengendalian gratifikasi bersama dengan stakeholder bea cukai, otomasi sistem pelayanan yang berfungsi mempercepat proses dan mengurangi interaksi langsung pegawai dengan pengguna jasa, sosialisasi program pengendalian gratifikasi kepada pejabat, pegawai dan stakeholder serta menjalin kerja sama kemitraan dengan stakeholder melalui forum diskusi dengan tujuan untuk menekan anngka KKN antara Bea Cukai dengan stakeholder.

Kerja sama antara Bea Cukai dengan KPK sudah dimulai sejak awal berdirinya lembaga antirasuah tersebut. Kedua pihak meyakini bahwa hasil sinergi yang dilakukan membuat Bea Cukai semakin baik dan transparan. “Diharapkan kedepannya dengan semakin eratnya kerja sama dengan KPK ini tidak hanya akan meningkatkan integritas pegawai Bea Cukai, tetapi juga semakin baiknya organisasi ini sesuai dengan meningkatnya harapan masyarakat” pungkas Heru.