Bea Cukai Cilacap selenggarakan Customs Invite Students (CIS)

CILACAP – Senin (29/08), bertempat di Aula KPPBC Tipe Madya Pabean C Cilacap, diselenggarakan sebuah acara  Customs Invite Students (CIS). Acara CIS ini dihadiri oleh siswasiswidari SMP Negeri 2 Cilacap dan SMP Negeri 3 Cilacap serta para guru pendamping.


Kegiatan Customs Invites Student dimaksudkan sebagai upaya untuk mengenalkan tugas pokok dan fungsi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai kepada masyarakat pada umumnya dan pelajar Sekolah Menengah Pertama pada khususnya. Selain itu tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk menjalin keakraban dan kerjasama yang baik dengan masyarakat khususnya pelajar agar mempunyai kepedulian dan kepekaan terhadap lingkungan sekitar terkait pengetahuan tentang pita cukai rokok yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

CIS dilaksanakan mulai pukul 08.00WIBs.d. 12.00WIB. Acara dibuka dengan sambutan oleh Bapak Andri Waskito selaku Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean C Cilacap. Semangat yang menggebu dan antusiasmeyang tinggi daripara peserta, memberikan keceriaan dan keseruan dalam acara ini. Games, yel-yel, penjelasan materi,penampilan Bea Cukai Cilacap Banddan tanya jawab mewarnai pelaksanaan CIS di Bea Cukai Cilacap.


Suasana Aula memanas, ketika penjelasan materi mengenai “Pita Cukai” oleh Ibu Silvia Ratna Indrawati diterima dengan banyak pertanyaan kritis oleh para peserta. “Mengapa di Indonesia pabrik rokok masih tetap beroperasi, sementara rokok itu membahayakan” pertanyaan yang senantiasa menjadi dilema dalam setiap diskusi di kalangan Bea dan Cukai. Akan tetapi, pemberi materi dapat memberikan pernyataan yang sesuai dan dapat diterima serta dipahami oleh para peserta. Hal tersebut menunjukkan bahwa antusiasme dan semangat keingintahuan para peserta begitu besar terhadap hal-hal yang berkaitan dengan Bea dan Cukai.