Bea Cukai Bandung Menyapa Calon Tenaga Kerja Indonesia

“Bagaimana jika barang yang diperiksa oleh Bea Cukai rusak atau hilang. Kepada siapa kami harus meminta pertanggung jawaban?” demikian pertanyaan salah satu calon Tenaga Kerja Indonesia dalam acara Bea Cukai Menyapa calon Tenaga Kerja Indonesia.

Bertempat di aula lantai 2 kantor Human Resources Development Company PT. Sudinar Artha di jalan Gegerkalong Hilir No.178 Bandung, Bea Cukai Bandung menyapa calon Tenaga Kerja Indonesia yang berjumlah 31 (tiga puluh satu) orang wanita lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang akan ditempatkan di sebuah perusahaan elektronik di Malaysia.

Di tengah-tengah jadwal acara calon Tenaga Kerja Indonesia yang cukup padat, pada hari Jumat, 22 Juli 2016 ibu Bety I.H (Kasi Penyuluhan dan Layanan Informasi), pak Yanuar Sri H. (Kasubsi Penyuluhan) dan ibu Meirna Nurdini (Kasubsi Layanan Informasi) secara bergantian menyampaikan materi terkait barang penumpang dan barang kirimanpos dari luar negeri.

Acara yang dipimpin oleh Fauziah Nur R. (staf PLI) tersebut berlangsung sangat meriah. Dimulai dengan saling menyapa dan membuat yel-yel membuat suasana pagi menjadi semakin hangat. Penyampaian materi pun dilakukan dengan berselang seling. Dimulai dari menonton film bersama, penyampaian materi, tanya jawab dan diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan dari KPPBC TMP A Bandung kepada calon Tenaga Kerja Indonesia yang bertanya atau yang berhasil menjawab pertanyaan. Film yang diputar terkait barang penumpang, kirimanpos danCustoms Against Drugs.

Para calon Tenaga Kerja Indonesia menyimak sosialisasi dengan seksama. Bahkan ada beberapa dari antara yang mencatat penjelasan dari para narasumber. Hal itu terbukti saat Fauziah Nur R. (staf PLI) menyampaikan pertanyaan, mereka langsung berebut angkat tangan untuk menjawabnya. Sedangkan pertanyaan yang disampaikan oleh para calon Tenaga Kerja Indonesia adalah bagaimana barang-barang keperluan pribadi, seperti obat-obatan bisa dibawa keluar negeri.

Setelah cukup puas bertanya dan mendengarkan berbagai penjelasan dari para narasumber, acara ditutup dengan foto bersama calon Tenaga Kerja Indonesia dan narasumber dalam berbagai gaya.

Semoga semua informasi yang didapat oleh para calon Tenaga Kerja Indonesia, yang adalah pahlawan devisa, dapat bermanfaat saat mereka berangkat ke luar negeri dan saat mereka kembali ke Indonesia nanti. Amin.

Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi KPPBC TMP A Bandung