• BERKOMITMEN LINDUNGI MASYARAKAT, BEA CUKAI SULAWESI BAGIAN SELATAN MUSNAHKAN BELASAN JUTA BATANG ROKOK SENILAI Rp8 MILIAR

    Makassar (13/03/2019) – Pemerintah melalui Kementerian Keuangan c.q. Bea Cukai bekerja sama dengan Penelitian dan Pelatihan Ekonomika dan Bisnis (P2EB) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gajah Mada (FEB UGM) telah melakukan survei rokok ilegal 2018 yang telah dilakukan di 426 Kota/Kabupaten di Indonesia. Hasilnya, diketahui bahwa terdapat penurunan presentase rokok ilegal di tahun 2018, dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Berdasarkan hasil survei tersebut tingkat peredaran rokok ilegal secara nasional turun drastis menjadi 7,04% dibandingkan di tahun 2016 sebesar 12,14%.

    Read More
  • The 25th Regional Comprehensive Economic Partnership - Trade Negotiating Committee (RCEP-TNC) and Related Meetings

    Mengapa RCEP membutuhkan semangat yang sama dan dukungan lebih besar? The Regional Comprehensive Economic Partnership-Trade Negotiating Committee (RCEP-TNC)atau Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional merupakan kerjasama integrasi sepuluh negara anggota ASEAN dengan enam mitra dagang, yakni Australia, China, India, Jepang, Korea Selatan, dan Selandia Baru dalam sebuah skema perjanjian perdagangan bebas (Free Trade Area/FTA) di tingkat regional.

    Read More
  • PENGAWASAN POST-BORDER DORONG KELANCARAN ARUS BARANG TANPA KENDORKAN PENGAWASAN

    Jakarta (13/03/2019) – Pemerintah melalui Bea Cukai telah menginisiasi kebijakan post-border secara resmi pada 01 Februari 2018. Hal ini merupakan bentuk upaya nyata pelaksanaan perintah Presiden Republik Indonesia yang menginginkan agar instansi pemerintah dapat membuat penyederhanaan aturan yang dianggap menyulitkan pengusaha atau investor dalam menjalankan bisnisnya di Indonesia. Selain itu, Presiden Republik Indonesia juga menginginkan agar dengan adanya kebijakan post-border iklim investasi tidak hanya membaik namun benar-benar bergerak maju.

    Read More
  • Selundupkan Sabu dalam Kaleng Saus Tomat, Wanita Senegal Diamankan Bea Cukai Soekarno-Hatta

    Tangerang (12 Maret 2019) – Bea Cukai Soekarno-Hatta bersama Polresta Bandara Soekarno Hatta berhasil menggagalkan upaya penyelundupan narkotika seberat 11.506,5 gram yang disembunyikan di dalam kaleng saus tomat. Pada hari Rabu (20/2) berlokasi di Terminal 3 Kedatangan Internasional petugas mengamankan seorang penumpang wanita warga negara Senegal berinisial AD yang tiba menggunakan pesawat Emirate Airlines rute Guinea-Dubai-Jakarta (EK797 dan EK358). Setelah dilakukan pemeriksaan, petugas mendapati penumpang tersebut membawa tujuh kemasan kaleng saus tomat dengan merk RICCI dan enam kaleng diantaranya positif mengandung methamphetamine (sabu) dengan berat total 1.603 gram.

    Read More
  • KANWIL BEA CUKAI JAWA TENGAH DAN DIY TERBITKAN IZIN KAWASAN BERIKAT YANG KE ENAM DI TAHUN 2019

    Semarang (13/03/2019) – Kanwil Bea Cukai Jawa Tengah dan DIY menerbitkan izin perusahaan penerima fasilitas Kawasan Berikat yang ke enam di tahun 2019 kepada pengguna jasa pada hari Selasa (12/03) di ruang rapat Kakanwil Bea Cukai Jateng dan DIY. Kini giliran PT. Jinlin Luggage Indonesia yang berhasil mendapatkan perizinan setelah perusahaan tersebut selesai melakukan presentasi proses bisnisnya di hadapan Kakanwil Bea Cukai Jateng DIY yang diwakili oleh Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai, Juli Tri Kisworini beserta tim yang terdiri dari Pengawas Mutu Audit, Kasi Intelijen, Kasi Perijinan dan Fasilitas I, Perwakilan Bea Cukai Semarang dan perwakilan dari KPP Pratama Semarang Barat.

    Read More
  • BERSINERGI DENGAN APARAT PENEGAK HUKUM LAINNYA, BEA CUKAI TEMBILAHAN BERHASIL MENEGAH MIRAS ILEGAL DI JALAN LINTAS SUMATERA

    Tembilahan - Sinergi yang dilakukan oleh Bea Cukai Tembilahan dan Polres Indragiri Hilir berhasil menegah minuman keras ilegal yang tidak dilekati pita cukai pada hari Senin (04/03) dengan total muatan lebih kurang 497 karton atau 5964 botol minuman keras impor berbagai jenis merek di Jalan Lintas Sumatera (SPBU Slensen), Kabupaten Indragiri Hilir, Riau.

    Read More
  • Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Tengah dan DIY Musnahkan Ratusan Barang Terlarang

    Yogyakarta (12 Maret 2019) – Bea Cukai Yogyakarta menggelar kegiatan pemusnahan ratusan barang-barang yang masuk ke dalam kategori barang larangan dan pembatasan (lartas) yang dikirim dari luar negeri menuju Indonesia tanpa disertai dokumen-dokumen yang lengkap dan tidak diselesaikan oleh pemilik barang.

    Read More
  • Dari Industri Kosmetik, Ini Langkah Bea Cukai Bogor Genjot Ekspor

    Bogor (12 Maret 2019) – Langkah memperkuat cadangan devisa melalui kebijakan mengurangi impor dan meningkatkan ekspor merupakan hal yang sangat penting agar ketahanan ekonomi negara semakin kuat, terutama dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi global. Salah satu sektor industri yang berpotensi memperkuat pasar ekspor diantaranya adalah industri jamu dan kosmetik. Industri ini menjadi salah satu industri yang memiliki perkembangan pesat dari tahun ke tahun, yang nyatanya terus memberikan perkembangan yang signifikan dibanding industri lainnya.

    Read More
  • Kanwil Bea Cukai Sumbagtim dan Kanwil Pajak Sumsel Babel Tandatangani Nota Kesepahaman TKDD di Kabupaten Muara Enim dan Kota Pagaralam

    Palembang - Bertempat di Kantor Bupati Muara Enim diadakan pertemuan antara jajaran pimpinan perwakilan Kementerian keuangan Sumatera Selatan yang diwakili Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Sumsel, dan Kakanwil Bea Cukai Sumatera Bagian Timur, M Agus Rofiudin, Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Selatan dengan jajaran pimpinan di Pemda Muara Enim membahas tentang Alokasi Dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun Anggaran 2019 untuk Wilayah Kabupaten Muara Enim. Acara yang dilaksanakan pada hari Selasa (04/03) tersebut juga turut dihadiri Wakil Bupati Muara Enim, H. Juarsah, S.H.

    Read More
  • Bea Cukai Kalbagbar dan BNN Pusat Gagalkan Penyelundupan Sabu 5kg Asal Malaysia

    Pontianak (11/03/2019) – Petugas Bea dan Cukai Kalimantan Bagian Barat (Kalbagbar) beserta Badan Narkotika Nasional (BNN) Pusat gagalkan penyelundupan narkoba asal Malaysia ke Indonesia di Pontianak, Kalimantan Barat. Petugas mengamankan narkoba berjenis methamphetamine/sabu seberat lima kilogram dan menangkap empat orang yang diduga kuat merupakan pelaku penyelundupan.

    Read More