• Operasi BERSINAR di Jawa Tengah Gagalkan Penyelundupan 1.035 Gram Sabu

    Semarang, 31-03-2020 – Dalam situasi siaga darurat Covid-19 Bea Cukai Tanjung Emas bersinergi dengan Bea Cukai Kanwil Jateng & D.I. Yogyakarta serta Direktorat Reserse Narkoba Polda Jateng yang tergabung dalam tim Operasi BERSINAR berhasil gagalkan upaya penyelundupan 1.035 gram Methapampetamine (Sabu) melalui barang kiriman dengan modus false concealment yang disembunyikan dalam 1 set cookware.

    Read More
  • Lewat Operasi BERSINAR Bea Cukai dan BNN Gagalkan Penyelundupan 12 Kg Sabu Asal Malaysia

    Aceh Utara, 31-03-2020 - Di tengah pandemik COVID-19, Tim Operasi BERSINAR (Berantas Sindikat Narkoba) yang merupakan sinergi Bea Cukai Kanwil Aceh, Bea Cukai Lhokseumawe dan BNN berhasil menggagalkan penyelundupan impor narkotika jenis metaphetamine (sabu) jaringan internasional Malaysia - Indonesia seberat 12 Kg pada Selasa (24/03). Tim berhasil menyergap pelaku atas nama Syahril (28 tahun) di rumahnya di Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara. Di sekitar rumah pelaku, Tim menemukan barang bukti sabu yang dikemas dalam 12 bungkus seberat masing-masing 1 kg yang seluruhnya dimasukkan dalam 1 buah jeriken biru yang ditanam dalam tanah.

    Read More
  • BEA CUKAI GAGALKAN PEREDARAN BELASAN JUTA BATANG ROKOK ILEGAL DARI DUA PENINDAKAN

    Jakarta, 31-03-2020 - Tim Penindakan dan Penyidikan (P2) Kanwil Bea Cukai Jawa Timur 2 berhasil melakukan penindakan terhadap pabrik rokok ilegal yang melakukan pengepakan rokok tanpa ijin di Desa Jatisari, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang. Pada saat penggerebekan tersebut, ditemukan kegiatan pengepakan rokok-rokok illegal di bagian belakang rumah dan di bagian dapur. Satu orang tersangka diamankan dan saat ini ditahan untuk menjalani proses pemeriksaan atas pelanggaran yang dilakukan.

    Read More
  • GENCARKAN PENGAWASAN, BEA CUKAI GAGALKAN PEREDARAN ROKOK ILEGAL DI BERBAGAI DAERAH

    Jakarta, 30-03-2020 – Bea Cukai secara konsisten terus meningkatkan pengawasan terhadap peredaran rokok ilegal. Hal tersebut ditunjukkan oleh Bea Cukai di berbagai daerah yang kian gencar melakukan penindakan meskipun wabah Coronavirus Disease 2019 (Covid 2019) tengah melanda. Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga Bea Cukai, Syarif Hidayat mengungkapkan bahwa masih ada oknum yang berupaya memanfaatkan situasi ini untuk melakukan kegiatan ilegal.

    Read More
  • Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan Impor Unggas Hidup Senilai 8 Miliar Rupiah

    Banda Aceh (27/03) – Petugas gabungan Kanwil Bea Cukai Aceh, Kanwil Bea Cukai Sumatera Utara, dan Pangkalan Sarana Operasi (PSO) Bea Cukai Tanjung Balai Karimun berhasil gagalkan upaya penyelundupan importasi unggas hidup asal Satun, Thailand pada Jumat (13/03) di Perairan Aceh Tamiang, Provinsi Aceh. Unggas yang berhasil disita petugas sebanyak 1.015 ekor terdiri atas 509 ekor ayam bangkok (kontes dan aduan) dan 506 ekor burung (cucak hijau, poksai dan wambi). “Keseluruhan tangkapan ditaksir senilai Rp8.000.000.000,00 dengan potensi kerugian negara dari sektor pajak impor senilai Rp1.400.000.000,00,” ungkap Kepala Kanwil Bea Cukai Aceh, Safuadi.

    Read More
  • Bea Cukai, BNN, dan Kepolisian Gelar Patroli Laut Bersama Pengawasan Narkotika Wilayah Perairan Maluku

    Ambon (27-03-2020) - Sebagai implementasi sinergi dan kolaborasi antara Bea Cukai, BNN, dan Kepolisian diadakan kegiatan "Operasi Bersinar" guna melindungi masyarakat terutama generasi muda dari penyalahgunaan narkotika dan menekan peredaran gelap narkotika di wilayah perairan maluku dan Sekitarnya. Kegitan patroli laut bersama ini mengunakan 3 armada Polair (1 kapal 40 meter, dan 2 speedboat) dan 1 speedboat Bea Cukai.

    Read More
  • HASIL PATROLI GABUNGAN, BEA CUKAI KUALA LANGSA DAN BEA CUKAI ACEH GAGALKAN PENYELUNDUPAN 1.835 KARUNG BAWANG ILEGAL

    Kuala Langsa, 27-03-2020 - Petugas Bea Cukai Kuala Langsa, Bea Cukai Wilayah Aceh, dan aparat penegak hukum lain berhasil menggagalkan penyelundupan 1 unit kapal kayu dan 3 unit sarana pengangkut darat yang membawa bawang sebanyak 1.835 karung dengan berat masing-masing 10Kg di Kecamatan Rantau, Kabupaten Aceh Tamiang, Provinsi Aceh pada hari senin (16/03) sekitar pukul 02.00 WIB. Bawang tersebut diduga berasal dari luar negeri berhasil digagalkan penyelundupannya berkat informasi masyarakat.

    Read More
  • Percepatan Pelayanan Impor Barang Untuk Keperluan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019

    Dalam rangka menanggulangi penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Indonesia, pemerintah memberikan berbagai kemudahan dalam pelaksanaan pemasukan impor barang untuk keperluan pencegahan dan penanggulangan Covid-19 berupa pembebasan bea masuk, cukai, dan/atau pajak impor. Selain itu, untuk lebih mempercepat pelayanan impor barang tersebut telah diterbitkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2020, dimana didalamnya diatur mengenai pemberian mandat kepada Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dalam hal ini Ketua Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk memberikan pengecualian perizinan tata niaga impor.

    Read More
  • Tekan Peredaran Rokok Ilegal, Bea Cukai Bongkar Gudang Produksi Rokok Ilegal

    Jakarta, 20-03-2020 – Sebagaimana instruksi Menteri Keuangan yang menargetkan peredaran rokok ilegal turun hingga kisaran angka 3%, berbagai penindakan telah dilakukan Bea Cukai sebagai upaya nyata untuk menggerus peredaran rokok ilegal, menyelamatkan hak penerimaan negara, serta untuk menciptakan iklim usaha yang sehat bagi pengusaha yang taat terhadap ketentuan yang berlaku.

    Read More
  • Bea Cukai Dorong Ekspor Dengan Sosialisasikan KITE IKM Pada Acara Lampung Craft 2020

    Bandar Lampung (20/03/2020) - Kanwil Bea Cukai Sumbagbar bersama Bea Cukai Bandar Lampung ikut memberikan sosialisasi terkait fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) – IKM dalam acara pameran kerajinan tangan dan batik serta produk UMKM sekaligus memperingati HUT Provinsi Lampung ke-54 Tahun yang jatuh pada 18 Maret 2020 dan HUT Dewan Kerajinan Nasional (DEKRANAS) yang Ke-40. Bertempat di Graha Wangsa, acara ini diikuti oleh pengrajin dari 15 Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung, serta pengrajin dari mitra binaan BUMN/S di Lampung.

    Read More