Profil

Dalam rangka memberikan pelayanan Informasi Publik sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik, Menteri Keuangan menetapkan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dan Koordinator PPID di lingkungan Kementerian Keuangan melalui Keputusan Menteri Keuangan 278/KMK.01/2012 Tentang Pejabat Pengelola Informasi Dan Dokumentasi Dan Koordinator Pejabat Pengelola Informasi Dan Dokumentasi Di Lingkungan Kementerian Keuangan.

Terkait pelaksanaan tugas memberikan layanan informasi publik, PPID di lingkungan Kementerian Keuangan berpedoman pada Peraturan Menteri Keuangan nomor 132/PMK.01/2012 tentang Pedoman Layanan Informasi Publik.

Berdasarkan hal-hal tersebut di atas, masing-masing PPID pada unit eselon I di lingkungan Kementerian Keuangan bertanggungjawab untuk melakukan penyediaan, penyimpanan, pendokumentasian, pelayanan, dan pengamanan informasi publik.

Direktur Penerimaan dan Peraturan Kepabeanan dan Cukai merupakan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi di Lingkungan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai sebagai salah satu unit eselon I Kementerian Keuangan.
Berkaitan dengan hal tersebut pengajuan permohonan informasi publik yang berkenaan dengan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai ditujukan kepada Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi dengan menggunakan Format Permohonan Informasi Publik yangtelah disediakan.